Kamis, 11 Oktober 2012

Sate Susu Bali

internet
Selama ini bali kita kenal sebagai salahsatu provinsi di indonesia yang agama terbesarnya adalah hindu dan islam hanya menjadi salahsatu agama minoritas, tetapi jangan dikira saat bulan ramadan seperti sekarang ini di bali tidak akan kita temukan keramaian yang berhubungan dengan ramadan. Salahsatu keramaian ramadan yang bisa kita temukan adalah pasar sore ramadan yang terletak di kampung jawa dan makanan paling di cari disana adalah sate susu yang memang menjadi makanan khas kampung jawa terutama saat ramadhan.

Bagi masyarakat muslim Bali, makanan yang selalu menjadi buruan sebagai hidangan buka puasa adalah sate susu. Selain karena nikmat, sate susu ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama bulan puasa. Mungkin buat kita yang baru pertama mendengar nama makanan ini akan sedikit bingung, susu kok di buat sate. Yang dimaksud sate susu adalah sate yang terbuat dari bahan utama daging kantung susu sapi yang dimasak, diiris kecil-kecil diberi bumbu ragi dan dibakar diatas tungku.

Walaupun terkesan tidak umum, sate susu ini selalu menjadi menu berbuka favorit yang paling diburu warga setiap ramadhan dan menjadi makanan khas warga muslim di Bali saat bulan puasa. Jadi saat anda sedang berada di bali dan bertepatan dengan bulan ramadan maka tidak ada salahnya anda ke kampung jawa dan menikmati kuliner unik ini. sedangkan buat yang jauh dari bali dan tetap ingin menikmati kelezatan sate susu silahkan anda coba resep sate susu yang saya hadirkan pada postingan sebelumnya.

Sate susu ini rasanya tidak seperti sate yang banyak kita temukan di jawa atau dimana-mana seperti sate madura atau sate klatak yang ada di jogja. Selain karena bahan dasar yang di gunakan berbeda, bumbu dan cara memasaknya juga berbeda. Dan karena sate susu ini berada di kampung jawa yang memang mayoritas penduduknya berasal dari jawa maka bisa dibilang rasa sate susu ini adalah perpaduan masakan jawa dan bali.

Resep
Untuk membuat sate susu yang merupakan makanan khas kampung jawa di bali ini terbilang cukup mudah, hanya saja mungkin bahan utama kantung susu sapi yang sedikit susah dicari karena tidak banyak di jual luas. Tetapi tidak ada salahnya disini saya akan hadirkan resep sate susu yang bisa anda coba, dan untuk mendapatkan kantung susu sapi anda bisa cari di pasar-pasar tradisional pasti ada walaupun jumlahnya terbatas.

Agar tidak kelamaan saya ngoceh maka silahkan anda simak resep sate susu yang telah saya hadirkan dibawah ini:

Bahan:
    Kantung susu sapi
    santan
    Tusuk sate

Bumbu:
    Bawang merah
    Bawang putih
    Cabe
    Kunyit
    Jahe
    Sedikit garam
    Sedikit gula putih
    ketumbar dan daun jeruk

Cara membuat:
Rebus kantong susu sapi hingga ± 3 jam agar daging terasa empuk dan kenyal dan potong sesuai selera.haluskan bawang merah putih, cabe,jahe,kunyit, garam,gula putih dan ketumbar.Tumis bumbu halus di atas lalu tambahkan daun jeruk dan jika sudah matang tambahkan santan.Jika bumbu sudah mendidih masukan potongan kantung susu sapi dan diamkan sampai dirasa bumbu telah meresap.Jika dirasa bumbu telah meresap ambil potongan daging untuk di tusuk-tusuk dan di bakar di atas bara.Bakar sate susu hingga matang dan akan lebih nikmat kalau sate susu disajikan bersama sambal tomat dan di santap     dalam keadaan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar