Rabu, 10 Oktober 2012

Perbedaan Suku Bunga Kredit Bank Sistem Flat atau Efektif Dan Anuitas

Perhitungan kredit bunga bank umumnya berbeda-beda tergantung jenis kredit yang diluncurkan oleh bank dan kita harus menanyakan pada saat mengajukan permohonan kredit modal usaha berapa persentase bunga dan sistem bunga yang dikenakan.
Kebanyakan bank memakai sistem flat yang sangat menguntungkan pemberi pinjaman karena bunga perbulan dihitung dari pokok pinjaman awal. Sedangkan sistem bunga efektif bunga dihitung dari sisa pokok sehingga bunga akan berkurang seiring dengan angsuran yang dibayar tiap bulan.
Perbedaan bunga anuitas dengan bunga efektif adalah pada jumlah angsuran per bulannya. Dalam bunga efektif, angsuran menurun sejalan dengan berkurangnya bunga; sedangkan dalam bunga anuitas angsuran dibuat sedemikian rupa agar sehingga tiap bulannya jumlahnya tetap.
berikut saya berikan contoh perhitungan bunga kredit dengan asumsi Pokok Rp. 100.000.000,- dengan jangka waktu 24 Bulan dan suku bunga 13%.

1. Flat
Jumlah Pinjaman : 100,000,000 ( seratus juta)
Suku Bunga : 13%
Jangka Waktu : 24 bulan

Bulan
Tgl. Angsuran
Angsuran
Pokok
Bunga
Saldo Akhir
1
10-11-2012
5,250,000
4,166,667
1,083,333
95,833,333
2
10-12-2012
5,250,000
4,166,667
1,083,333
91,666,666
3
10-01-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
87,499,999
4
10-02-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
83,333,332
5
10-03-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
79,166,665
6
10-04-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
74,999,998
7
10-05-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
70,833,331
8
10-06-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
66,666,664
9
10-07-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
62,499,997
10
10-08-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
58,333,330
11
10-09-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
54,166,663
12
10-10-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
49,999,996
13
10-11-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
45,833,329
14
10-12-2013
5,250,000
4,166,667
1,083,333
41,666,662
15
10-01-2014
5,250,000
4,166,667
1,083,333
37,499,995
16
10-02-2014
5,250,000
4,166,667
1,083,333
33,333,328
17
10-03-2014
5,250,000
4,166,667
1,083,333
29,166,661
18
10-04-2014
5,250,000
4,166,667
1,083,333
24,999,994
19
10-05-2014
5,250,000
4,166,667
1,083,333
20,833,327
20
10-06-2014
5,250,000
4,166,667
1,083,333
16,666,660
21
10-07-2014
5,250,000
4,166,667
1,083,333
12,499,993
22
10-08-2014
5,250,000
4,166,667
1,083,333
8,333,326
23
10-09-2014
5,250,000
4,166,667
1,083,333
4,166,659
24
10-10-2014
5,250,000
4,166,659
1,083,341
0
Jumlah
126,000,000
100,000,000
26,000,000


2. Efektif


Jumlah Pinjaman : 100,000,000 ( seratus juta)
Suku Bunga : 13%
Jangka Waktu : 24 bulan

Bulan
Tgl. Angsuran
Angsuran
Pokok
Bunga
Saldo Akhir
1
10-11-2012
5,250,000
4,166,667
1,083,333
95,833,333
2
10-12-2012
5,204,861
4,166,667
1,038,194
91,666,666
3
10-01-2013
5,159,723
4,166,667
993,056
87,499,999
4
10-02-2013
5,114,584
4,166,667
947,917
83,333,332
5
10-03-2013
5,069,445
4,166,667
902,778
79,166,665
6
10-04-2013
5,024,306
4,166,667
857,639
74,999,998
7
10-05-2013
4,979,167
4,166,667
812,500
70,833,331
8
10-06-2013
4,934,028
4,166,667
767,361
66,666,664
9
10-07-2013
4,888,889
4,166,667
722,222
62,499,997
10
10-08-2013
4,843,750
4,166,667
677,083
58,333,330
11
10-09-2013
4,798,611
4,166,667
631,944
54,166,663
12
10-10-2013
4,753,473
4,166,667
586,806
49,999,996
13
10-11-2013
4,708,334
4,166,667
541,667
45,833,329
14
10-12-2013
4,663,195
4,166,667
496,528
41,666,662
15
10-01-2014
4,618,056
4,166,667
451,389
37,499,995
16
10-02-2014
4,572,917
4,166,667
406,250
33,333,328
17
10-03-2014
4,527,778
4,166,667
361,111
29,166,661
18
10-04-2014
4,482,639
4,166,667
315,972
24,999,994
19
10-05-2014
4,437,500
4,166,667
270,833
20,833,327
20
10-06-2014
4,392,361
4,166,667
225,694
16,666,660
21
10-07-2014
4,347,222
4,166,667
180,555
12,499,993
22
10-08-2014
4,302,084
4,166,667
135,417
8,333,326
23
10-09-2014
4,256,945
4,166,667
90,278
4,166,659
24
10-10-2014
4,211,806
4,166,659
45,147
0
Jumlah
113,541,674
100,000,000
13,541,674


3. Anuitas


Jumlah Pinjaman : 100,000,000 ( seratus juta)
Suku Bunga : 13%
Jangka Waktu : 24 bulan

Bulan
Tgl. Angsuran
Angsuran
Pokok
Bunga
Saldo Akhir
1
10-11-2012
4,754,182
3,670,849
1,083,333
96,329,151
2
10-12-2012
4,754,182
3,710,616
1,043,566
92,618,535
3
10-01-2013
4,754,182
3,750,815
1,003,367
88,867,720
4
10-02-2013
4,754,182
3,791,448
962,734
85,076,272
5
10-03-2013
4,754,182
3,832,522
921,660
81,243,750
6
10-04-2013
4,754,182
3,874,041
880,141
77,369,709
7
10-05-2013
4,754,182
3,916,010
838,172
73,453,699
8
10-06-2013
4,754,182
3,958,434
795,748
69,495,265
9
10-07-2013
4,754,182
4,001,317
752,865
65,493,948
10
10-08-2013
4,754,182
4,044,664
709,518
61,449,284
11
10-09-2013
4,754,182
4,088,481
665,701
57,360,803
12
10-10-2013
4,754,182
4,132,773
621,409
53,228,030
13
10-11-2013
4,754,182
4,177,545
576,637
49,050,485
14
10-12-2013
4,754,182
4,222,802
531,380
44,827,683
15
10-01-2014
4,754,182
4,268,549
485,633
40,559,134
16
10-02-2014
4,754,182
4,314,791
439,391
36,244,343
17
10-03-2014
4,754,182
4,361,535
392,647
31,882,808
18
10-04-2014
4,754,182
4,408,785
345,397
27,474,023
19
10-05-2014
4,754,182
4,456,547
297,635
23,017,476
20
10-06-2014
4,754,182
4,504,826
249,356
18,512,650
21
10-07-2014
4,754,182
4,553,628
200,554
13,959,022
22
10-08-2014
4,754,182
4,602,959
151,223
9,356,063
23
10-09-2014
4,754,182
4,652,825
101,357
4,703,238
24
10-10-2014
4,754,182
4,703,238
50,944
0
Jumlah
114,100,368
100,000,000
14,100,368

Lebih bagus sih agan-agan minta dipenjemin temen, jadi gak setinggi ini bayar bunga. Paling hanya di tugasin nyiramin bunga di kebunnya. Komentarnya Donk.......

sumber : syarwanjamal.blogspot.com

6 komentar:

  1. luar biasa... sangat membantu
    salam hangat
    laketo

    BalasHapus
  2. WAH IYA KAK !!!! PERBEDAANYA JAUH BANGET YA .... CKCKCK ...

    KALO KPR PASTI PAKE YANG ANUITAS .... KALO MINJEM SAMA TEMEN PAKE BUNGA FLAT ATAU APA NIH KAK :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... lumayan.

      Ngak, paling tmennya bilang.. makasih udah mau minjem ama aq ckckck... Ayo buruan minjem ke temennya,,coba coba

      Hapus
  3. artikel yang sangat menarik cuman kurangnya tidak ada rumus perhitungan dari masing2....

    BalasHapus
  4. mantap mas bro apa lagi klo mas pinjamin ane tanpa bunga...

    BalasHapus
  5. Keren mas, sangat membantu buat laporan praktikum saya, komen juga dong mas di www.cahyogya.com

    BalasHapus